Minggu, 07 April 2013

cerpen anak vespa

vespa butut anak jendral

di sebuah sekolah menengah atas di bengkulu, ada seorang anak, dengan ayah seorang jendral yang memiliki harta kekayaan yang berlimpah ruah, dan semua harta kekayaan tersebut hanya untuk Andi anak semata wayangnya. namun demikian Andi pun tak menginginkan harta kekayaan dri ayahnya tersebut. Andi menginginkan dirinya bsa hidup mandiri, dan ayah pun mendukung usaha anaknya tersebut
  menjelang hari pertama andi masuk sekolah andi di berikan sebuah mobil mewah oleh ayahnya untuk alat transport, namun andi pun menolak pemberian dari ayahnya, dan lebih memilih membeli sendiri vespa butut punya mang adun si tukang kebun. ayah pun bertanya kepada andi 'mengapa lebih memilih vespa butut d banding mobil mewah pemberian ayah'. andi pun meminta maaf kepada ayah karena sudah menolak pemberian ayah, namun bukan maksud andi menolak pemberian ayah, andi hanya ingin mandiri, andi hanya sanggup membeli vespa butut ini. sahut andi. mendengarperkataan anaknya ayah andi pun merasa bangga dengan anaknya.  besok harinya andi langsung menggunakan vespa butut tersebut untuk pergi sekolah. setiba andi di sekolah dengan vespa butut tersebut andi langsung mendapat cemoohan dari kakak kelas namun andi membalas dengan senyuman. meskipun demikian andi adalah anak yang pandai bergaul dan memiliki banyak teman, namaun teman-temannya tak luput mencelah andi dengan vespa bututnya, walaupun demikian andi tidak masukan ke hati celaan dari teman-temannya.
  lamabat laun teman-teman andi mulai terbiasah bergaul dengan andi, meski ada beberapa teman yang masih tidak menerima andi sebagai teman karena tidak selefelan dengan dia. hendru, agam, dan uyek merupakan sahabat karib andi. suka duka selalu mereka jalani berempat. hendru, agam, dan uyek tidak mengetahui bahwa andi adalah anak jendral kaya, dan andi tidak ingin memberitahunya kepada ketiga temannya tersebut. ayah andi pun heran mengapa tidak ada satu teman andi pun yang bertamu kerumahnya, ayah pun berganggapan anaknya tidak memiliki teman. namun andi berusaha memberi penjelasan kepada ayahnya. dan ayahnya lagi-lagi menerima keputusan anaknya..
  lambat laun andi pun telah menginjak kelas 3, dan temannya mulai bertanya-tanya soal latar belakang andi,  dari seluruh teman sekelas hanya rumah andilah yang belum di kunjngi. hendru sebagai sahabat andi berusaha menyelidiki seluk beluk keluarga andi. dan suatu ketika hendru mengikuti andi yang nampak pergi dengan vespa bututnya tersebut. betapa terkejutnya hendru melihat andi memasuki perumahan mewah yang penuh dengan perumahan elit, mewah dan tentunya mahal, btapa terkejutnya lagi hendru dari semua perumahan mewah tersebut andi meletakkan vespa bututnya kedalam rumah yang pling mewah.hendru pun menunggu andi keluar dari rumah mewah tersebut,, dan ketika andi keluar betapa terkejutnya andi melihat hendru di depan rumahnya. hendru pun menanyakan pertanyaan yang memojokkan andi, dan akhirnya andi menceritakan semuanya kepa hendru bahwa dia sebetulnya anak seorang jendral namun ia tidak ingin semua orang mengetahui, itu hanya membuat andi menjadi sombong dan tidak mandiri, mendengar perkataan andi hendru terdiam dan bangga mempunyai teman seperti andi. dan andi meminta supaya hendru tidak memberitahu kepada orang lain tak terkecuali teman'nya,, hendru terdiam dan bertanya mengapa begitu, kalau ku beritahu pasti kamu tidak akan di celah lagi, namun andi hanya berkata biarkan waktu yang menjawabnya.
 andi dan teman-temannya pun telah melaksanakan ujian nasional, dan mereka semua di pastikan lulus,, betapa senangnya mereka mendengar hal tersebut, akan tetapi selama 3 tahun mereka bersama mereka tidak mengetahui seluk-beluk keluarga andi, hanya hendru yang mengetahui, oleh sebab itu agam dan eyek berusaha menanya kan kepada andi, dengan keras hati andi berusaha menolaknya, akan tetapi teman sekelasnya berusaha membujuk terlebih trendi dan papam yang selalu menghina andi di sekolah, dan hati andi pun tergerak untuk menunjukkan rumahnya dan keluarganya. trendi dan papam pun beranggapan pasti rumah andi kecil,kotor dan keluarganya berasal dari keluarga yang tidak benar, mendengar hal itu hendru hanya tertawa dan tersenyum. mereka semua pun langsung mengikuti andi dengan vespa bututnya tersebut, betapa terkejutnya mereka ketika andi memasuki perumahan mewah. trendi pun beranggapan pasti andi tinggal di belakang perumahan tersebut, atau andi tinggal di tempat sampahnya kali. namun ketika andi masuk kedalam rumah yang paling mewah dari perumahan mewah tersebut betapa terkejutnya trendi dan papam melihatnya.
 dan andi pun akhirnya menceritakan semua kepada teman-temannya sebetulnya ia merupakan anak jendral, akan tetapi dia tidak ingin tahta dan harta dari ayahnya karena itu merupakan jeri payah ayahnya. mangka dari itu dia membeli motor vespa butut untuk mentupi semua. ini semua ia lakukan supaya ia menjadi mandiri. mendengar kata andi tersebut semua teman andi terdiam dan meminta maaf kepada andi tak terkecuali papam dan trendi,,...
setelah kejadian tersebut semuanya terungkap,, dan itu merupakan perpisahan yang mengharukan. karena setelah itu mereka telah memiliki jalan hidup masing-masing.

http://husni-hasanuddin.blogspot.com/2012/07/vespa-butut-anak-jendral_3206.html

1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill seperti

    - www.gunadarma.ac.id
    - www.studentsite.gunadarma.ac.id
    - www.baak.gunadarma.ac.id

    untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    BalasHapus